10 Persiapan Agar Ibadah Umrah Anda Lancar

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 20 November 2023, 10:31:26

Bagi Anda yang baru pertama akan melakukan ibadah umrah, Anda pasti bingung apa saja hal yang wajib Anda lakukan sebelum umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, registrasi, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena apabila ada yang kurang dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda persiapkan sebelum umrah, Anda bisa menyimak tulisan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan jasmani yang kuat. Maka dari itu, jamaah umrah yang hendak melaksanakan umrah setidaknya wajib ada persiapan satu bulan sebelumnya agar dapat menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kebugaran dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti jogging, workout ringan, atau olahraga lainnya. Berbekal tubuh yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain jasmani yang prima, Anda juga wajib mempersiapkan ruhani Anda supaya dapat benar-benar khusyu’ dalam beribadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan yang tinggi. Karena bagi seorang muslim yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk beberapa waktu. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang wajib dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Dokumen

Dokumen yang wajib disiapkan sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, tanda terima pemesanan penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang wajiib diperhatikan. Ada Baiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk memuat barang-barang bawaan Anda. Satu koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing bisa dipenuhi dengan barang bawaan sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kelengkapan identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

Belajar Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini kadang terlupakan, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang sangat penting untuk diperhatikan. Sama pentingnya saat kita hendak menjalani suatu ibadah, kita wajib tau syarat sahnya, apa saja rukunnya, urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda bisa mencari sumbernya yakni dengan membaca buku ibadah umrah, berselancar di internet tentang umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang sudah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, Anda memilih biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca testimoni pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi umrah sehingga informasi layanan mereka dapat Anda cermati melalui internet, misalnya dengan mengakses web, mendapat pemberitahuan email dan SMS untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda mempunyai riwayat kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan membutuhkan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda butuh membawa obat-obatan khusus yang harus Anda sertakan saat menjalani umrah. Selain itu, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak angin, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang khusus perempuan banyak macamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, dalaman hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk pria, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa cadangan kain dan juga pakaian cadangan ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Ketika umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga sahabat. Supaya tidak lupa, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak blank saat berdoa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum melaksanakan umrah. Konsultasikan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang harus dan tidak harus dipersiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id