Ini Dia Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-Oleh di Makkah yang Perlu Anda Catat

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 16 November 2023, 18:24:04

Usai menjalankan ibadah umrah, kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas dari Arab. Biasanya, ada agenda waktu khusus yang disediakan oleh biro umrah untuk para jamaah berbelanja oleh-oleh sebelum pulang ke tanah air. Meskipun banyak juga yang menjual perlengkapan dan oleh-oleh haji di tanah air, tapi lebih afdhol jika membawanya langsung dari Makkah.

Nah, bagi Anda yang masih baru pertama kali melaksanakan ibadah umrah, tentunya tidak begitu mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Makkah? Padahal, ada beberapa pilihan pasar yang dapat Anda dijadikan tujuan utama untuk belanja. Tentunya ini juga mengikuti dari jadwal ibadah umrah Anda, setidaknya Anda tak perlu bingung lagi saat ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini tempat belanja oleh-oleh khas di Kota Makkah yang bisa Anda kunjungi:

Pasar Utaibah

Rekomendasi yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah merupakan pasar tertua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga Makkah. Anda dapat menjumpai berbagai macam produk dengan harga terjangkau di pasar ini.

Pasar Utaibah terletak 3 KM dari Masjidil Haram, tepatnya berada di jalan Hujoon. Tidak jauh dari tempat Anda melaksanakan ibadah umrah sehingga Anda tidak kesulitan menjangkaunya. Pasar ini selalu ramai disinggahi baik saat hari biasa maupun ketika bulan Ramadhan dan musim ibadah haji.

Pasar ini menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan di pasar Utaibah bisa dibilang sangat murah dibandingkan dengan harga yang diibanderol di mal Makkah.

Untuk produk yang serupa, harga di mal Makkah bisa mencapai 5 kali lipat lebih tinggi dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai contoh, misalnya harga suatu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa didapatkan hanya 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja buah tangan yang lain di seputar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda dapat berbelanja aneka cinderamata yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Pasar ini selalu ramai dikunjungi, jadi jangan lupa Anda meluangkan diri untuk ke Pasar Ja’fariyah ketika mengunjungi Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin belanja barang bermerek di Mekkah? Pasar Hijaz tempatnya. Pasar ini terkenal menawarkan barang-barang branded yang tentunya berkualitas, baik produk lokal ataupun merek internasional. Tak heran jika Pasar Hijaz dikenal dengan kemewahan tempatnya.

bukan hanya itu, Pasar yang berlokasi di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menjual aneka olahan makanan yang bermacam-macam dari seluruh dunia. Jangan lewatkan mengunjungi pasar Hijaz untuk merasakan pengalaman belanja selama di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah berlokasi agak jauh dari Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Tak perlu khawatir, Anda bisa tetap mengunjunginya dengan transportasi darat.

Bisa dikatakan, Pasar Aziziyah adalah pasar terbesar di kota Makkah. Beragam keperluan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja cinderamata khas Arab Saudi dapat Anda dapatkan di pasar Aziziyah.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda bisa berkunjung ke pasar Syar’i Al- Hajj. Anda akan menemukan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga cukup murah di pasar ini. Misalnya sajadah, yang tentunya cocok Anda bawa ke tanah air sebagai oleh-oleh umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa pasar di Makkah yang dapat Anda jadikan daftar tempat untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tak hanya kurma, lho! Ada berbagai macam pilihan oleh-oleh yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat.

Antara lain, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat kerikil, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), juga buah tin. Wah, menarik sekali kan? Jenisnya pun sangat beragam. Anda juga dapat menentukan pilihan untuk oleh-oleh berupa barang supaya lebih awet. Nah, Anda bisa berburu oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips untuk Anda coba ketika berbelanja di pasar-pasar Makkah. Pastinya, Anda ingin mendapatkan oleh-oleh barang yang berkualitas dan harga yang terjangkau bukan? Berikut tipsnya:

  • Membuat Daftar Belanja

Tips yang pertama adalah membuat daftar belanja. Anda bisa membawa catatan apa saja produk yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum bertolak ke Baitullah.

Pilih siapa saja yang ingin Anda beri oleh-oleh sepulang dari umrah, berapa banyak yang Anda butuhkan, dan tentu saja sesuaikan dengan bagasi yang disediakan. Jangan sampai kelebihan beban sehingga Anda kesusahan membawa pulang cinderamata yang terlanjur Anda belanja di tanah suci. Sayang bukan?

  • Jangan Berpenampilan Terlalu Mencolok

Ketika belanja di pasar Makkah, usahakan berpenampilan biasa saja, jangan sampai terlalu mencolok karena pedagang pun pasti bisa membaca kondisi Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang terlalu tinggi, karena si pedagang akan berfikir bahwa Anda ‘mampu’ membeli barang dengan harga yang mahal.

  • Sesuaikan Budget

Tips berikutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang telah Anda siapkan dari rumah. Memang, ada banyak barang yang bisa kita beli. Namun, jika Anda tidak mempunyai batasan dengan budget tertentu, bisa jadi Anda akan belanja yang tidak dibutuhkan dan akhirnya dana Anda akan habis.

  • Siapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang digunakan di Arab Saudi adalah Riyal. Anda bisa menukar uang rupiah Anda di tempat money changer sebelum berangkat ke tanah suci. Ingat, sesuaikan dengan budget ya!

  • Pilih Barang yang Awet

Yups, selain berbagai macam camilan yang disebutkan di atas, Anda dapat memilih cinderamata seperti sajadah, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, kerudung, abaya, hingga air zam-zam. Benda-benda tersebut tidak terlalu mengandung resiko dibawa ke tanah air.

  • Mengerti Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar percakapan bahasa Arab sederhana yang bisa Anda praktekkan saat berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin mengetahui keinginan Anda, dan akan lebih mudah jika mengetahui apa yang Anda bicarakan. Namun, kebanyakan pedagang di pasar Makkah juga sedikit-sedikit mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanjaan belum? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id