5 Persiapan Agar Umrah Cepat Terlaksana

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 03 November 2023, 13:45:35

Untuk kaum muslimin, menjalankan umrah merupakan impian yang selalu ada dalam hati. Mengingat saat ini untuk melakukan ibadah haji membutuhkan biaya yang mahal dan waktu tunggu yang tidak sebentar, umrah menjadi alternatif bagi mereka yang sudah merindukan ingin pergi ke tanah suci.

Namun, impian saja tidak akan jadi kenyataan jika Anda tidak mulai memantaskan diri untuk pergi umrah. Utamanya terkait keuangan. Apabila tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan berangkat ibadah umroh, Anda tidak akan pernah mempersiapkan dana khusus untuk ibadah umrah. Lalu, bagaimana cara agar cepat berangkat ibadah umrah apabila keinginan Anda sudah menggebu-gebu? Tenang, kami akan membocorkan triknya untuk Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Pasang Niat yang Kuat

Apabila Anda ingin segera menjalankan ibadah umrah, pasanglah niat yang kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke tanah suci. Banyak orang muslim yang secara finansial mampu melaksanakan ibadah umrah, akan tetapi mereka tidak berniat untuk umrah, lho!

Mungkin karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat asupan tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka memilih untuk mengejar hal-hal yang bersifat duniawi seperti membeli rumah, kendaraan, baju, perabotan, menekuni hobi, travelling dan sebagainya.

Maka, Anda termasuk kategori orang yang beruntung ketika Anda memiliki niatan untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda belum memiliki dana berlebih untuk umrah, namun karena niat yang kuat, bukan tak mungkin Anda dapat berangkat umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak berniat umrah. Oleh karena itu, niat yang kuat adalah modal untuk Anda bisa mencari jalan keluar untuk merealisasikan keinginan Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakinlah sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Informasi Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Tips kedua yang dapat Anda tempuh untuk bisa cepat berangkat adalah dengan mempelajari tentang apa itu umrah. Mulai dari rukun-rukunnya, apa saja doanya, persiapannya, manasiknya, dan seluruh hal terkait dengan umrah. Kemudian, yang juga sama pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro travel umrah yang terpercaya untuk memberangkatkan Anda ke tanah suci. Anda bisa mencarinya sendiri lewat online, membandingkannya dengan beberapa biro travel umrah lain, atau bisa juga meminta rekomendasi keluarga dan teman yang sebelumnya pernah berangkat umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat mencari informasi terkait umrah dengan cara bertukar pendapat dengan sahabat, kerabat atau konsultasi dengan ustadz-ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke semesta bahwa Anda siap diundang ke tanah suci dari Allah SWT. Ini juga ikhtiar agar dapat segera sampai ke tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Buat Anda yang belum menyiapkan dana lebih untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menabung untuk ongkos umrah mulai saat ini juga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan ikhtiar untuk disiplin menabung. Targetkan waktu kapan Anda umrah. Anda harus menentukan target kapan waktu Anda akan berangkat ibadah umrah, agar ada motivasi untuk memenuhi target tersebut.

Misal, Anda berniat untuk berangkat umrah 3 tahun dari sekarang. Biaya umrah dan lain-lainnya kurang lebih 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus bisa menganggarkan sekitar 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat umroh. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki dana sejumlah 36 juta rupiah. Realistis, kan? Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika mau lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan dana talangan umrah dari bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Minta Doa Restu dari Orang Tua

Ini adalah ikhtiar langit yang dapat Anda terapkan sebagai cara cepat berangkat umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan metode ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih cepat terwujud. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho kedua orangtua?

Ungkapkan keseriusan kalau Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan orangtua Anda, buat hati keduanya bahagia dan mereka pun akan dengan rela mendoakan Anda supaya bisa melaksanakan umrah.

5) Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara berumroh hemat di zaman sekarang ini banyak caranya. Ada yang memilih jalan umrah backpacker, ada pula yang memilih mengikuti paket umrah di waktu off peak season agar mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara rombongan juga bisa dijajal untuk mendapatkan diskon dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengesampingkan kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id