Haji dan Umrah Tidak Lengkap Tanpa Menjalani Rukun Tahallul

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 02 November 2023, 17:40:40

Ketika menjalani ibadah haji dan umrah, terdapat kegiatan yang tidak boleh dilupakan yaitu rukun haji dan umrah. Rukun harus dikerjakan karena jika tidak dikerjakan maka haji dan umrah Anda tidak sah. Sebagai orang muslim, Anda harus mengetahui apa saja rukun haji dan umrah. sebab, haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan.

Salah satu rukun haji yang kelihatannya sepele namun penting adalah tahallul. Apa itu tahallul? Tahallul adalah mencukur rambut sebagian atau keseluruhan ketika melaksanakan haji dan umrah, setelah rukun sa’i. secara bahasa, tahallul artinya “menjadi boleh atau halal”. Maksudnya, tahallul adalah pertanda bahwa seorang jamaah haji dan umrah sudah dihalalkan melakukan hal-hal yang menjadi larangan ketika ihram. 

25.jpg

Photo by Nick Demou from Pexels

Dengan dilaksanakannya tahallul, selesai pula rangkaian ibadah umrah yang Anda laksanakan. Bisa dibilang, tahallul merupakan rukun paling dalam rangkaian ibadah umrah yang harus Anda jalankan. Kemudian, bagaimanakah tata cara pelaksanaan tahallul tersebut?

Berikut ini akan uraikan tentang tahallul. Sebaiknya, Anda mengetahui tentang tata cara tahallul ini jauh sebelum Anda menunaikan haji atau umrah. Sehingga, Anda tak bingung tentang apa yang harus Anda lakukan meskipun nantinya Anda akan dibimbing oleh ketua rombongan atau jamaah. Yuk, simak informasinya sampai selesai ya!

Cara Pelaksanaan Rukun Tahallul

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian di atas, cara mengerjakan tahallul adalah dengan memangkas sebagian rambut atau seluruhnya. Sebagai dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Q.S. Al Fath ayat 27 yang artinya:

“Sesungguhnya kamu tetap memasuki Masjidil Haram (pada waktu ditentukan ) dalam keadaan aman (menyempurnakan ibadah) dengan mencukur rambutmu, atau jika tidak menggunting sedikit rambutnya..”

Tentang tahallul ini, para ulama sepakat bahwa tahallul terbagi menjadi 2 cara yakni tahallul pertama atau dikenal dengan tahallul awal serta tahalul kedua atau tahallul tsani. 

Secara singkat, tahallul awal yaitu ketika|saat) jamaah sudah mengerjakan dua dari tiga amalan haji yaitu melempar jumrah Aqobah, memotong rambut serta thawaf ifadhah. Maka, dapat dikatakan bahwa ia telah mengerjakan tahallul awal dan sudah bebas dari larangan ihram kecuali melakukan hubungan suami istri dan melangsungkan akad nikah.

26.jpg

Photo by mostafa meraji on Unsplash

Sedangkan tahallul tsani adalah ketika jamaah telah melaksanakan tiga amalan haji yang disebutkan di atas, maka halal bagi mereka melakukan seluruh larangan yang tidak dihalalkan dilakukan ketika ihram di antaranya, memakai pakaian berjahit, memakai wewangian termasuk berhubungan suami istri serta melangsungkan akad nikah.

Tahallul dilakukan setelah mengerjakan rukun sa’i, yaitu saat berada di bukit Marwa. Bagi jamaah pria, boleh memotong sebagian saja namun akan lebih baik jika mencukur keseluruhan rambut menurut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pastinya, bagi yang ingin mencukur gundul tidak dilakukan di area bukit Marwa namun di luar Masjidil Haram.

Mengapa harus keseluruhan? Sebab terdapat keistimewaan jika seseorang yang haji atau umrah mencukur habis rambutnya. Dalam riwayat disebutkan bahwa Rasulullah mendoakan satu kali bagi orang yang mencukur sebagian rambutnya, tetapi bagi orang yang mencukur habis rambutnya maka Rasulullah mendoakan sebanyak tiga kali. Pastinya, Anda ingin Rasulullah mendoakan lebih banyak bukan? Namun, bagi laki-laki yang tak mempunyai rambut, maka hanya dengan isyarat mencukur rambut.

Sedangkan bagi yang wanita, hanya dengan memotong minimal tiga helai dari rambutnya yang dipotong oleh jamaah wanita lain, suami atau mahramnya yang sudah melaksanakan tahallul juga. Yang perlu diperhatikan, terutama bagi jamaah wanita, harus lebih hati-hati saat proses tahallul. Usahakan agar aurat tetap terjaga ketika memotong rambut karena rambut merupakan bagian dari aurat perempuan.

Makna Tahallul

Tahallul dilakukan dengan cara mencukur rambut. Hal ini jadi tanda telah bebas dari hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat ihram. Selain itu, tahallul mempunyai hikmah membersihkan diri, menyingkirkan pikiran-pikiran kotor, menjauhi hal yang tidak berguna dan seterusnya. Setelahnya, bisa Anda teruskan dalam kehidupan sehari-hari untuk melakukan kebaikan-kebaikan setelah pulang dari haji atau umrah.

Dari rukun tahallul Anda bisa belajar, untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT. Layaknya membersihkan diri dari dosa-dosa, keburukan, sifat yang tidak baik dalam diri kita, serta berusaha untuk memperbaiki amalan yang dahulu sering Anda lupakan sebelum menunaikan haji dan umrah. Tentunya ibadah yang Anda kerjakan selama haji atau umrah akan semakin menambah semangat Anda untuk beribadah.

Tahallul merupakan rukun haji dan umrah yang paling akhir. Dengan mengerjakan tahallul, selesai sudah rangkaian ibadah haji dan umrah Anda. Nah, itu dia beberapa informasi seputar tahallul dalam rukun haji dan umrah. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang menyiapkan perjalanan ibadah haji dan umrah ke tanah suci.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id