Pergi Umrah di Usia Muda, Mengapa Tidak?

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 01 November 2023, 19:13:13

Banyak yang beranggapan, bahwa melakukan ibadah haji atau umrah harus ketika sudah tua, pensiun, atau harus jadi orang kaya lebih dulu. Padahal, tidak perlu menunggu tua untuk berangkat umrah. Justru ketika masih muda, maka Anda dapat melakukan ibadah dengan maksimal. Kok bisa?

Tentu saja, karena untuk melakukan semua aktivitas pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak tenaga dan kondsi tubuh yang kuat. Mumpung masih muda, sehat, segar bugar, Anda dapat mulai merencanakan untuk berangkat ibadah umrah ke Baitullah. Awali dengan niat kuat untuk melaksanakan umrah waktu masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan berputus asa, melihat daftar tunggu haji yang masih bertahun-tahun lamanya. Tetap lakukan usaha supaya Allah mengundang Anda dengan cara yang tidak terduga. Contohnya dengan merencanakan kapan akan melakukan perjalanan ibadah umrah. Banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk mewujudkan cita-cita pergi ke tanah suci. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar bisa berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Memantaskan Diri Berangkat Umrah

Hal pertama yang dapat Anda luruskan adalah niat. Niat yang tulus untuk melaksanakan umrah. Perlu dipahami bahwa pergi ke Baitullah adalah undangan dari Allah SWT. Bukan soal laki-laki atau perempuan, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk memantaskan diri di hadapan Allah SWT.

Maka, Anda perlu mengimbangi niat tersebut dengan ikhtiar untuk memantaskan diri. Misalnya, cek seberapa besar keinginan Anda untuk pergi umrah, mulai merutinkan ibadah-ibadah yang wajib, memperbanyak ibadah sunnah lebih sering, membantu urusan orang lain dan seterusnya. Jadi, Allah akan menilai kita pantas untuk melaksanakan ibadah yang lebih luar biasa lagi yakni beribadah di Baitullah.

Belajar Tentang Persiapan Ibadah

Selanjutnya, Anda coba untuk mempelajari tentang apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dikerjakan ketika di sana, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca ketika umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa mengulik informasi teknis tentang tata cara ibadah umrah, dokumen yang harus disiapkan, membuat paspor, mencari biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di tanah suci dan lain-lain. Informasi yang lengkap dapat membantu Anda agar lebih terarah.

Anda dapat mencari informasi terkait ibadah umrah lewat pencarian di internet, ataupun bertanya kepada orang terdekat yang pernah menunaikan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Khusus Umrah

Umrah adalah ibadah yang sedikit berbeda dengan ibadah yang lain, terutama terkait biaya perjalanan untuk berangkat ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda memiliki prioritas yang berbeda dalam mengatur penghasilan yang Anda dapatkan. Aneka kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang lebih prioritas untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tak bisa menjalani ibadah umrah di usia muda. Saat Anda berniat untuk umrah, usahakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa mencapainya. Anda bisa mulai membuat tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Saat ini, ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembuatan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan merasa terbantu karena ‘dipaksa’ menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menetapkan Waktu Terbaik untuk Umrah

Selanjutnya Anda bisa memilih waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga menyesuaikan jadwal Anda saat ini. Akan tetapi, ada baiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk berangkat umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di tanah air.

Ada beberapa waktu terbaik yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Saat Ramadhan

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba, berumrahlah pada saat itu. Karena umrah waktu Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” Tentunya, Anda juga bisa merasakan indahnya suasana bulan suci di Baitullah yang membuat ibadah umrah Anda semakin terasa khusyu.

  • Antara Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Makkah dan Madinah berbeda dengan di tanah air. Antara bulan Maret-Mei adalah waktu terbaik untuk Anda berangkat umrah karena pada bulan tersebut cuaca sedang sehingga nyaman dan lebih fokus untuk menjalankan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi waktu yang pas bagi Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai semangat untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak heran jika pada pergantian tahun menjadi waktu yang diminati untuk melakukan perjalanan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan setelah musim Haji, situasi di tanah suci cukup sepi. Anda dapat merencanakan umrah pada saat itu agar Anda bisa beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun beribadah di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Menentukan Travel Umrah Terbaik

Biasanya, untuk berangkat haji maupun umrah, membutuhkan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan umrah, penting memilih travel umrah yang terpercaya.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda bisa mencari informasi dari website, bertanya langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari sahabat atau saudara yang sudah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk menghindari dari travel umrah bermasalah yang dapat menghambat rencana ibadah umrah Anda.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari

Terakhir, ada hal-hal yang harus Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Karena tujuan utama dari umrah adalah hanyalah beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Hal yang harus Anda hindari:

  • menjalankan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena mampu untuk melaksanakannya. Ingat, ibadah umrah bukanlah sekedar mengunjungi tempat wisata atau plesir.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah adalah ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk ditunjukkan kepada orang lain. Diperlukan biaya yang tak sedikit. Akan tetapi, bagi orang-orang yang Allah berikan kelebihan harta, sangat mudah untuk berangkat umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu perbaharui niat, supaya tidak hanya sekedar untuk riya’.
  • Menjalankan umrah untuk tujuan mencari keuntungan. Hindarilah melaksanakan ibadah umrah hanya semata-mata mendapat keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Cek lagi niat Anda benar-benar murni untuk ibadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa melaksanakan umrah. Ibadah umrah adalah bagi siapa saja yang mampu, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk berangkat umrah jika memang belum cukup. Hal ini justru akan menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya mulai merencanakan untuk pergi umrah dari hari ini. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id